Kenapa Suka Jalan-jalan?

by - Kamis, November 16, 2017

Siapa sih yang suka jalan-jalan ? Sepertinya hampir semua orang menyukainya, terlebih lagi yang masih muda. Ini bisa terlihat dari social media, dimana banyak orang terutama kawula muda sering mengupdate foto jalan-jalan mereka. Ada yang ke luar negeri, luar kota atau haya sekadar keliling di dalam kota. Ada banyak alasan kenapa orang-orang menyukai jalan-jalan. Mulai dari sekadar refreshing untuk menghilangkan stres dari rutinitas sehari-hari, mencoba makanan baru, hingga mempelajari sejarah suatu tempat. Setiap orang pastinya memiliki alasannya masing-masing, termasuk saya sendiri. Berikut ini beberapa alasan ,kenapa saya suka jalan-jalan?


Refreshing

Adakah yang nggak pernah bosan jika menghadapi rutinitas yang sama dalam kesehariannya? Jika ada, saya acungkan jempol untuk kalian. Sebagai ibu rumah tangga, saya juga mengalami kebosanan. Setiap hari berkutat dengan hal yang sama. Apalagi setelah punya anak, saya jarang sekali bepergian. You know-lah gimana rempongnya bepergian bawa anak bayi. Semua rutinitas tersebut membuat saya jenuh dan bosan. Itulah kenapa saya butuh suasana baru untuk menghilang  stres yang ada dalam diri saya. Pergi jalan-jalan menjadi salah satu alternatif saya untuk merefresh otak saya. Tak harus jauh-jauh jalan-jalan ke luar negeri. Cukup jalan-jalan ke tempat baru di dalam kota, juga sudah cukup bagi saya. Namun jika bisa ke luar kota tentu lebih menyenangkan, apalagi kalau bisa ke luar negeri *nunggu ada yang bayarin * hehehe...

To Experience Other Cultures

Terkadang kita mendengar tentang stereotip suatu daerah atau wilayah. Ada beberapa stereotip yang benar dan beberapa yang salah. Untuk itulah maka disebut stereotip, sampai kita mengalaminya sendiri dan merubah apa yang kita pikirkan. Melihat tempat berbeda, orang-orang berbeda, budaya berbeda hingga makanan berbeda merupakan pengalaman tersendiri. Bagi saya semua itu adalah hal yang mengasyikkan. Dengan jalan-jalan kita bisa mempelajari hal-hal baru yang berbeda dari kehidupan keseharian kita.

To Meet People

Saya suka bertemu dengan orang baru. Berbicara kepada mereka tentang kehidupan mereka dan mengetahui bahwa ada banyak hal yang bisa sangat berbeda karena kami terlahir di tempat yang berbeda. Dengan jalan-jalan, membuat saya bisa bertemu dengan orang-orang yang belum pernah kita temui sebelumnya. Dari mereka, saya bisa mendapatkan banyak cerita kehidupan yang bisa dijadikan pelajaran. Bertemu dengan orang baru, artinya juga semakin bertambah pula jumlah teman yang kita miliki. Buat saya, bisa memiliki teman baru adalah suatu hal yang menyenangkan.

To Remind Me Life is Far Too Short

Tentu sudah pernah mendengar kata bahwa hidup itu cuma sebentar, jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Yes, that's true. Maka dari itu, saya ingin sebisa mungkin melihat dunia lebih banyak. Melihat banyak hal baru, mengunjungi banyak tempat baru, mencicipi banyak makanan baru dll. Memang sih, mungkin saya nggak bisa mengunjungi semuanya. Tapi saya ingin bisa melihat dunia sebanyak yang saya bisa.

To Know Myself

Dari perjalanan yang saya lakukan, saya bisa menjadi lebih tahu tentang diri saya lebih baik lagi. Well, bisa dibilang semacam refleksi diri. Saya menyadari lebih banyak tentang bagaimana diri saya ketika berada di berbagai situasi selama di perjalanan. Terkadang ada kalanya stress namun juga menggembirakan. Tapi khusus yang satu ini, ketika saya melakukan perjalanan sendiri. Saya lebih bisa memiliki kesempatan untuk merenungi tentang diri saya sendiri. Ya, memang sih nggak harus dengan pergi jalan-jalan, tapi berada di tempat baru membuat lebih mudah bagi saya melakukannya.

To Learn

Yeah, ini menjadi salah satu alasan juga kenapa saya suka jalan-jalan atau bepergian ke suatu tempat. Untuk belajar tentang sesuatu. Misalnya, dengan jalan-jalan ke tempat bersejarah saya bisa tahu tentang sejarah suatu peristiwa. Kita memang bisa mempelajarinya lewat buku atau internet dan yang lainnya. Tapi berada langsung di tempat bersejarah tersebut akan terasa lebih berkesan dan berbeda. Saya bisa memiliki sudut pandang yang lain, yang mungkin tidak akan saya dapatkan jika hanya membaca dari buku.

To Challenge MySelf

Bagi saya, bepergian atau jalan-jalan ke suatu tempat yang baru merupakan tantangan tersendiri. Jika kita pergi jalan-jalan, tak selamanya kita menghadapi situasi yang menyenangkan. Ada kalanya kita mengalami situasi tak terduga yang tak menyenangkan. Bagaimana kita mengatasi situasi tersebut adalah tantangan tersendiri bagi saya. Dari situasi-situasi tersebutlah kita bisa belajar dan bertumbuh. 

To Be Anonymous


“I love the feeling of being anonymous in a city I’ve never been before.” – Bill Bryson
Ya, perasaan ketika tidak ada yang mengenal diri kita dan hanya ada kita sendiri. Disaat seperti itulah saya bisa menjadi siapa saja dan melakukan apa saja.

Bepergian jalan-jalan lebih dari sekadar mendapatkan banyak foto untuk di pajang di media sosial. Bepergian jalan-jalan adalah tentang apa yang kita rasakan dan bagaimana pengalaman tersebut akan mempengaruhi aspek kehidupan kita yang lain. Mulai dari pekerjaan, pertemanan, motivasi diri hingga pembelajaran. Jadi, kalau kamu sendiri apa alasanmu jalan-jalan?         




You May Also Like

0 comments